Kamis, 28 Februari 2013

Hebatnya SEMUT Dan Manfaatnya





 Semut, adalah hewan yang sangat menakjubkan, keberadaanya disekitar kita ternyata membawa dampak yang besar, mulai dai komentar kita tentang betapa menganggunya mereka, betapa mereka banyaknya, dan menyngkirkanya adalah hal sering kita tanyakan pada iklan pembasmi seranga. Namun adakah di antara kita yang melihat semut dari sisi lain? Manfaatnya mungkin sudah kita rasakan dari sarangnya, dan memang sarang semut sudah terkenal manfaatnya bagi kesehatan dan kesembuhan penyakit pada tubuh manusia, juga sudah banyak diadakan penelitian untuk lebih menambah pengetahuan kita tentang sarang semut.
Saya hanya ingin sedikit membahasnya,tentang bagaimana sarang semut beserta zat yang ada di dalamnya dapat bermanfaat dan apa saja  manfaatnya untuk kesehatan manusia, yaitu mengobati penyakit –penyakit brat seperti kangker, penyakit jantung, diabetes, dan banyak penyakit kronis lainya. Dan sungguh masih banyak lagi penyakit-penyakin kronis yang masih mengalami perdebatan dalam menemukan obat yang tepat untuknya.
Akan tetapi bukan hanya manfaat dari sarangnya yang begitu saya kagumi, akan tetapi semut itu sendiri adalah sebuah karuni yang luar biasa yang seharusnya dikagumi dan tidak berusaha dihancukan koloninya oleh manusia. Karena itu Allah menurunkan wahyu dalam surat An-Naml. Dinamakan An-Naml (semut) karena pada ayat 18 dan 19 surah ini berisikan tentang kisah seekor pemimpin semut yang menginstruksikan anak buahnya untuk segera masuk sarang karena nabi Sulaiman as dan tentaranya yang akan melewati tempat yang di sana terdapat sarang semut. Nabi Sulaiman as yang mempunyai mu’jizat bisa mengerti suara hewan kemudian merasa takjub atas kejadian tersebut dan mengucapkan syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat kepadanya.
            Selain kelebihan yang diterangkan dalam al-Quran, keagungan semut yang telah terbukti oleh ilmu modern dan penelitian oleh manusia. Semut dikenal memilki solidaritas tinggi antar sesamanya, bukan hanya itu semut juga merupakan salah satu spesies serangga tercanggih yang pernah ada di bumi, hamper tidak ada serangga yang sekuat dan sepintar semut. Menurut penelitian yang telah dilakuan oleh para ilmuan, spesies semut pertama sudah ada sejak 6 juta tahun yang lalu, dan mereka dapat bertahan hingga sekarang karena kekuasaan allah yang maha dahsyat yang memberikan mereka kemampuan beradaptasi dimanapun mereka tinggal dan kebersamaan mereka adalah yang terbaik dimuka bumi ini.
Berikut ini merupakan sebagian kecil fakta-fakta menakjubkan dan unik dari semut yang perlu kita ketahui sebelum kita sampai hati menginjak mereka yang sedang lewat di tanah maupun lantai rumah kita karena merasa terganggu:

1.      Semut Lebih Pintar Daripada yang Kalian Pikirkan
Ternyata didalam badan semut yang tidak seberapa besar, dan kurang dari 1cm itu, terdapat 250.000 sel otak di dalamya. Semut diklaim sebagai spesies serangga terpinter didunia, bahkan menurut saya lenih pintar dan manusiawi daripada manusia.
2.     Semut Sangat Ahli di Bidang Pertanian
Saya bahkan tidak menyangka bahwa ternyata semut sudah bercocok tanam dan berkebun 50 juta tahun lebih dahulu sebelum manusia, wow. Sejak dulu semut sedah menggunakan sistim tanam hortikultura yang canggih untuk meningkatkan hasil panen mereka. Selain pandai bercocok tanam semut juga merupakan ahli tata ruang juga ahli kima, karena mereka mensekresikan zat yang kaya antibiotic untuk menghambat pertumbuhan jamur, dan tidak lupa sarang mereka yang bermanfaat itu dibangun dengan system yang sangat canggih untuk mengontrol temperature dan kelembapan agar sarang menjadi nyaman ditempati.
3.     Semut Merupakan Ahli Strategi Perang
Saya hanya mengambil satu contoh spesies semut yang mengangumkan ini, yaitu semut Amazon, mereka adalah sejenis semut yang suka “memperbudak” semut lain untuk dijadikan pekerja. Mereka mendapatkan budak dari hasil invasi atau penyerangan, yang dilakukan ke sarang semut spesies lainnya. Sebelum menyerang mereka akan mengobservasi atau mengawaasi sarang lawan. Setelah dua hari, semut amazon pun langsung menyerang, dengan mudah mereka menaklukkan lawannya yang rata-rata telah panik dan tidak terorganisir sama sekali. Budak pun didapatkan. Cukup menyeramkan memang tetapi sungguh menakjubkan bukan sang ahli strategi ini.
4.     Jumlah Semut Sangat Banyak Sekali
Jika dikalkulasi dan dihitung secara perkiraan, maka jumlah seluruh spesies semut aadalah 10% dari seluruh spesies yang ada dimuka bumi, bahkan jika ditimbang massa-nya maka massa semut sama dengan massa seluruh manusia di bumi ini.
5.     Semut Bisa Membentuk Superkoloni
Semut argentina merupakan jenis semut yang suka menyerang. Mereka membentuk superkoloni yang besar dan banyak sekali di Kalifornia, AS. Superkoloni tersebut memiliki jutaan sarang dengan jangkauan hampir ratusan mile (ratusan kilometer) dan kedalaman sarang 6 meter ke bawah. Semut dari sarang yang berbeda namun dalam satu koloni sangat jarang terlihat saling serang satu sama lain. Superkoloni terbesar terdapat di Kalifornia bagian selatan, dengan panjang 600 mile (sekitar 965 kilometer).
6.      Umur Semut Hanya Beberapa Bulan, Berbeda dengan Ratunya
Semut pekerja hanya mampu bertahan hidup selama 45-60 hari, bandingkan dengan sang ratu semut yang bisa hidup hingga berumur 20 tahun. Dan ketika sang ratu mati, koloni semut tersebut hanya bisa bertahan selama beberapa bulan.
7.      Semut Karnivora
Salah satu semut pemakan daging yang dapat diidentifikassi adalah salah satu spesies semut yang bernama Driver Ant yang spesiesnya tinggal di Afrika dan sebagian wilayah hutan Asia. Semut ini dapat memuni dan memakan hewan atau serangga lain yang ukuranya lebih besar daripada ukuran semut itu sendiri. Jenis semut ini adalah semt yang merupakan peemburu yang sangat kuat pertahananya, merka memanfaatkan jumlahnya yang sangat banyak saat mengincar mangsa. Bahkan pernah dikabarkan bahwa pernah ada seekor kuda dan seorang bayi terbunuh karena semut ini, namun tidak hanya itu kekejaman semut ini, bahkan 100.000 lebih hewan dapat mati karena seragan semut spesies ini. Hidupnya yang berpindah-pindah juga sangat menguntungkan dalam mencari makan, bahkan semut ini juga hidup dipepohonan hutan dan metrkadang menggunakan burung sebagai makananya. Wah sungguh kejam bukan, haha dan saya bersyukur semut ini hidupya dihutan bukan di kebonan J
8.     Semut yang Suka Beternak
Semut selain suka bertani, berburu dan berperang, mereka juga suka beternak. Dan yang mereka ternakkan bukanlah ayam, kambing apalagi sapi. Yang mereka ternakkan adalah Aphid, sejenis kumbang. Semut madu mendapatkan madu yang manis dari hasil sekresi aphid tersebut. Semut akan melindungi dan memberi makanan kumbang. Mereka memilihkan tanaman yang cocok untuk Aphid tinggal dengan aman. Jika ada predator atau parasit datang, maka semut tersebut akan memboyong aphid ke tempat lain. Mereka akan mempertahankan dan membela aphid. Sungguh bahagian hidup si Aphid.

9.     Perbudakan dalam Dunia Semut
Slave-Maker ant merupakan jenis semut yang suka menggerebek sarang semut lain dan mencuri pupa mereka. Dan ketika pupa tersebut menetas, dan menjadi semut, semut tersebut kemudian dijadikan budak dalam koloni.
10. Kasta dalam Dunia Semut
Sang ratu semut berukuran lebih besar daripada pekerjanya. Mereka memiliki thorax dan abdomen yang lebih besar daripada pekerjanya. Setelah menemukan koloni baru, tugas sang ratu adalah untuk menghasilkan banyak semut pekerja, semut jantan dan ratu lainnya. Mereka bisa hidup selama 20 tahun dan bisa memproduksi ribuan telur dalam hidupnya. Semut jantan memiliki tubuh yang paling kecil dalam kasta semut. Tugas mereka hanya satu, yaitu membuahi sang ratu saat ritual perkawinan. Dan akan mati setelah beberapa hari. Semut pekerja memiliki tugas mencari makan, merawat bayi, membangun sarang dan menjaga koloni serta ratu. Semut tentara yang bercirikan memiliki kepala yang besar bertugas untuk menjaga sarang mereka dari serangan musuh.

Subhanallah begitu besa kekuassan Allah, hewan sekecil semut-pun diberi karunia yang sungguh luar biasa. Dan setelah kita mengetahui fakta-fakta tenpatng semut tersebut, seharusnya kita semakin yakin dan semakin menambah keimanan kita. Semoga kita bisa lebih baik daripada sebelumnya, agar kita lebih bisa menghargai dan lebih mengagumi semut sebelum kita menginjaknya ketika merasa terganggu akan keberadaanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar