Selasa, 19 Februari 2013

YANG MENGAKU UMAT NABI MUHAMMAD



Oleh: K.H Ngisomudin dari Nganjuk                                                 PHBI MAN3 kediri
Seorang yang benar-benar mengaku sebagai umat Nabi Besar Muhammad SAW pasti sudah sedikit memahami tentang ajaranya Agama Islam yang dibawa oleh beliau sebagai agama terakhir yang menyempurnakan agama- agama sebelumnya, yang membawa seluruh umat dari zaman kegelapan kepada zaman dalam cahaya yang terang- benerang.
Beberapa hal yang laksanakan oleh umat nabi Muhammad untuk membuktikan bahwa ia berhak dan pantas disebut sebagai umat islam sejati diantaranya tanda- tandanya adalah:

1.      Orang yang bersifat tegas terhadap orang kafir yang dzolim terhadap saudara se-iman, se-islam dan sekeyakinanya.
2.      Orang yang do’anya mudah terkabul, karena selalu membaca tahlil.
3.      Orang yang cerdas karena selalu melaksanakan sholat malam.
4.      Saling kasih saying dan melindungi antar umat islam.
5.      Pandai ruku’ dan bersujud.
6.      Selalu mencari risky yang halal.
7.      Membayakan sujud.
8.      Orang yang bersyukur dalam menerima cobaan.
9.      Dan, orang yang bersabar dalam menerima nikmat tuhan.
10.  Selalu ramah, dan senatiasamenaati Qur’an, Hadist dan ijma’ Qiyas.
Dan jika kita mampu dan ada dalam setiap tandanya, kita boleh berbangga diri tidak dalam kesombongan baha kita akan bersama Nabi Muhammad dalam syafa’atnya
Jangan lupa  agar selalu melakukan atau membaca sholawat 500 kali disetiap harinya, maka Allah berjanji tidak akan diberi cobaan Fakir dalam hidupnya. Amin…
*Disamping saya mendapat refresi dari slah satu Ustadz di atas, refrensi lain juga saya masukan dalam tulisan saya ini, yaitu oleh Abu Fasih.

Didalam pendapatnya Abu Fasih enggunakan dasar Al-Qur’an surah Al-Fath ayat 29                                                                                                             
Surah ini diberi nama “Al-Fath” yang berarti kemenangan, karena banyak menggambarkan tentang kemenangan yang akan didapatkan oleh Nabi Muhammad. Sehingga pada waktu surah ini diturunkan Nabi berkata kepada sahabat-sahabatnya, “Sesungguhnya telah diturunkan kepadaku satu surat yang surat itu benar-benar lebih aku cintai daripada seluruh apa yang disinari matahari“ (Riwayat Bukhari).
Arti surah Al-Fath ayat 29:
“Muhammad adalah utusan Allah. Dan orang-orang yang bersama-sama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir tetapi berkasih-sayang terhadap sesamanya (sesama Muslim). Kamu lihat mereka rukuk dan sujud mencari karunia dan keridhaan Allah. Tanda-tanda mereka tampak pada wajah mereka bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka digambarkan dalam Kitab Taurat dan Kitab Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya dan tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besar dan tegak lurus di atas pokoknya. Tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir. Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan beramal shalih di antara mereka ampunan dan pahala yang besar.” (Al-Fath: 29)
Ayat diatas terdapat didalam Surah Al-FathDalam ayat 29 ini Allah Subhanahu wa Ta’ala menjelaskan tentang ciri-ciri dari pengikut Nabi Muhammad SAW. Dikatakan bahwa pengikut Nabi Muhammad SAW memiliki ciri-ciri diantaranya adalah:
1.      Perinsip yang tegas melawan kekafiran
Umat islam adalah umat yang yang dikenal sebagai umat yang sanggat teguh dan tidak kenal kompromi jika menyangkut aqidah dan keyakinannya, apalagi dlam hal kekafiran. Umat Islam juga sering diuji dengan godaan orang kafir, dengan berbagai bujuk rayu orang kafir, akan tetapi umat Nabi Muhammad lebih memilih menjadi syuhada’ ditengah-tengah kekafiran yang merajalela.
2.      Bersifat marhamah (kasih-sayang) kepada sesama Muslim
Nabi menggambarkan sifat orang beriman didalam berkasih sayang bagaikan tubuh yang satu, bila salah satu anggota tubuh itu menderita sakit maka semua anggota tubuh itu ikut merasa sakit dan tidak bisa tidur. Walaupun sudah banyak orang islam yang kini sudah tiak menempatkan kasih sayang diantara mereka sebagai hal yang mengikat tali persaudaraan. Akan tetapi Umat Nabi Muhammad akan meneladani junjunganya.
3.      Tegak di atas kekuatan ibadah
Ibadah yang dimaksud adalah ibadah sholat, karena sholat adalah tiang agama bagi umat islam, disetiap gerakannya sholat memiliki unsur terpenting dalam mendekatkan diri kepada allah, karena tidak ada yang dijadikan media paling utama untuk menyedot dan menyadap kekuatan Ilahi selain shalat.
4.      Wajah-wajah berseri
Umat Nabi Muhammad memiliki ciri-ciri lain yaitu berwajah berseri-seri,  namun perlu dipahami bahwa wajah yang berseri-seri bukan hanya terlihat dari luarnya saja tetapi dpat dirasakan orang yang memandanganya, karena wajah berseri-seri orang islam didapatkan karena pengaruh hati yang bersih dan bening, juga dari kekusyukan seseorang dlam melaksanakan sholat, dan seluruh ibadah yang diridhoi oleh Allah SWT.
5.      Pertumbuhannya menakjubkan kalangan Islam dan membuat dongkol kalangan musuh (orang Kafir)
Ummat Muhammad SAW pertumbuhannya ibarat sebatang tunas yang awalnya kecil lalu dengan cepat tumbuh besar menjadi rindang, umat islam yang duluny adalah agama baru yang dimusuhi dan diaggap salah kini malah menjadi agama yang sangat kuat dan besar peradabanya, sehingga membuat beberapa agama kafir menjadi dongkol dan ingin menghancurkan umat islam akan tetapi dengan kuatnya akar pohon yang rindang umat islam tidak mudh ditumbangkan.



·         Yang pasti saya bukan orang yang benar-benar pantas untuk menulis pendapat saya tentang umat MUHAMMAD ini, tetapi saya hanya ingin sedikit berpendapat mengenai hal ini J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar