Selasa, 19 Februari 2013

Mau Kuliah Dimana?






Pertayaan yang sangat sering menghinggapi dalam percakapan sehari-hari, pertanyaan yang akan semakin sering terdengar ketika mendekati berakhirnya masa SMA/MA berakhir.
Banyak yang sudah yang bersiap dengan matang, dan siap menjawab pernyataan itu, tetapi banyak juga yang akan kebingungan mencari jawabanya. Kebingungan dalam hal ini memang biasanya terjadi, banyak siswa yang dilanda kebingungan dan kegalauan dalam menentukan pendidikan berikutnya selepas masa SMA/MA. Penyebabnya adalahtidak cukupnya  informasi mengenai perguruan tinggi yang ada.

Agar kita para calon mahasiswa tidak mengalami kebingungan berlebih saat memilih dimana kita akan melanjutkan pendidikan nanti, mari kita keali dulu perguruan tiggi yang aada di Indonesia.
Perguruan tinggi yang ada di Indonesia begitu banyak jumlahnya, dan dari berbagai jenis perguruan tinggi di Indonesia dari jenisya di bedakan dalam:
1.      Universitas
Universitas adaah lembaga pendidikan tinggi yang paling banyak dan paling dikenal di Indonesia. Lembaga pendidikan ini didirikan dengan tujuan untuk mengarahkan lulusanya mnjadi tenaga professional siap kerja yang berguna bagi lembaga pendidikan serta mejadi penelitinya. Satu universitas biasanya terdiri dari beberapa fakultas.
Fakultas adalah bagian dari universitas yang mendidik mahasiswanya dalam bidang tertentu, dalam setiap fakultas terdapat beberapa jurusan yang lebih spesifik agar mahasiswanya lebih terarah dalam mendalami bidag yang dipejarinya.

2.      Institut
Insitut memiliki seidkit perbedaan dengan Universitas yang memiliki bidang studi yag beragam sesuai dengan bidangnya. Tetapi insitut lebih berkonsentrasi pada satu bidang saja. Meskipun demikian, Institut juga mempunyai beberapa fakultas yang bersifat mendaami bidang.

3.      Sekolah Tinggi
Sekolah Tinggi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam lingkup disiplin ilmu pengetahuan, tekhnologi atau seni. Jika sekolah tinggi memeuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

4.      Akademi
Akademi merupakan lembaga pendidikan yang lebh menekankan pada ketrampilan praktik kerja dankemampuan untuk lebih mandiri. Umumnya lama pendidikan akademik hanya tiga tahun dan tidak seperti universitas yang mencapi empat tahun. Di pendidikan akademi porsi praktik lebih banyak dibandingkan dengan pengajaran teori. Bahkan banyak akademi yang di atur oleh
pemerintas dan kedinasan.

5.      Politeknik
Politeknik merupakan bagian dari system pendidikan nasional yang bertujuan menyiapkan mahasiwanya terjun dalam dunia kerja saat lulus nanti. Lulusan politeknik diharapkan memiliki kemampuan professional dalam menrapkan dan mengembangkan serta menyebarluakan ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Dan dengan tuhuan diatas maka pengajaran dalam politeknik memberikan pengajaran berupa praktik dan pelatihan yang lebih banyak dan memedai daripada teori.

Nah… sudah paham perbedaanya kan, bagaimana apakah kamu sudah memutuskan akan meneruskan pendidikan kemana? Dan jangan lupa agar memilih sesuai kemampuan yang kamu miliki. 

Sumber : Sampul belakang detik-detik B.indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar