Selasa, 12 Februari 2013

Penyakit: Vertigo dan Penyebabnya







Vertigo atau penyakit yang menyebabkan kehilangan keseimbangan adalah penyakit yang sangat mengganggu dalam aktivitas kita sehari-hari, walaupun sakit yang dirasakan hanya di tubuh bagian atas saja, akan tetapi jika penyakit fertigo kambuh maka raasa sakit yang dirasakan sunggung menyiksa, yaitu rassa pusing yang menusuk dibagian belakang dan terkadang disertai rasa mual bahkan muntah saat seseorang mengalami hilang keseimbangn dan juga kesulitan bergerak.
Menurut peneliti masalah vertigo, dr. Entjep Hadjar, Sp. THT, penyebab vertigo dapat berasal dari gangguan syaraf, penyakit dalam atau masalah seputar THT (telinga, hidung dan tenggorokan).
Penyakit Vertigo biasanya disebakan oleh faktor infeksi pada alat pendengaran, serangan migren, infeksi pada leher, mabuk kendaraan, dan kekurangan aupan oksigen pada otak, selain beberapa kelainan itu tekanan darah juga menyebabkan kita merasa pusing berlebihan, gangguan saraf antara THT dengan otak juga menjadi salah satu faktor utama yang memepengaruhi timbulnya penyakit vertigo.
Penelitian yang dilakukan Entjep menunjukkan, sebagian besar pengidap  penyakit vertigo mengalami gangguan pada ruang otak yang mengatur syaraf keseimbangan. Dari sebanyak 781 penderita vertigo yang pernah diteliti, 219 orang (28,3 persen) di antaranya mengalami penyakit batuan kecil (debris) pada alat keseimbangannya. Derbis menurut Entjep, merupakan batuan kecil yang dapat mempengaruhi alat keseimbangan manusia yang bersifat dinamis sehingga sangat mudah terangsang oleh gerakan putaran kepala. Bila terdapat debris (batuan kecil) pada alat keseimbangan, maka cairan endolymph akan mengalami gaya dorong yang lebih besar dari yang seharusnya, dan merangsang alat keseimbangan dan membuatnya menjadi tidak stabil sehingga merangsang penyakit vertigo paroksimal jinak.
Dahulu untuk menyembuhkan penderita penyakit vertigo, harus dilakukan operasi pembedahan untuk mengeluarkan debris, namun syangnya malahh sering terjadi kegagalan dalam pembedahan dikarenakan debris berasa didalam tulang manusia.
Akan tetapi kini sudah ditemukan solusi yang lebih baik dan lebih aman, yaitu menggunakan vibrator, cara penggunaan vibrator adalah dengan menempelkanya ke kepala penderita. Bahkan vibrator juga dapat berfugsi untuk melepaskan debris yang terlanjur melekat pada kepala. Terapi yang dilkukan dngan vibrator hendaknya dilakukan 2 kali dalam seminggu, tetapi kebanyakan penderita sudah merasa sembuh hanya dengan 2 kali terapi saja.


NB: saya menulis ini karena saya juga sebagai penderita J
Sumber: Mengenal Penyebab Vertigo - KOMPAS.com.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar